Jumat, 05 Oktober 2012

APA SIH PERBEDAAN SIFAT AR-RAHMAN DAN AR-RAHIM ALLAH SWT?


Jika kita melihat terjemah Al-Qur’an pada awal surat atau khususnya di ummul-Qur’an (Surat Al-Fatihah), pada ayat pertama kita akan mendapati Basmalah. Nah kalau kita membaca makna dari Basmalah itu secara teliti kita akan menemukan makna dari lafadz Ar-Rahman dan Ar-Rahim, makna dari keduanya adalah yang maha pengasih dan maha penyayang.
Apa sih perbedaan maha pengasih dan maha penyayang? Secara harfiyah keduanya memang sama tapi dalam segi af’al keduanya memang ada perbedaan yang sangat signifikan. Mari kita telaah hal ini dengan ilmu nahwu sharaf atau ilmu tentang gramatikal bahasa Arab.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
          Makna dari الرَّحْمَنِ adalah yang maha pengasih sedangkan makna dari الرَّحِيمِ adalah yang maha penyayang. Sebenarnya Allah SWT mempunya perbadaan dalam sifatnya itu, jika Allah SWT mempunyai sifat الرَّحْمَنِ maka Allah SWT adalah maha pengasih, dalam tanda kutip Dia mengasihi seluruh makhluk ciptaanya dalam dunia dan akhirat, dengan kata lain manusia baik itu Islam atau kafir, hewan-hewan serta tumbuh-tumbuhan. Sedengkan jika Allah bersifat الرَّحِيمِ maka Allah SWT adalah maha penyayang, tapi dalam tanda kutip Dia hanya mengasihi seluruh umat Islam dan hanya pada saat di akhirat nanti.
            Kita ambil sebuah contoh, dalam hidup ini banyak sekali orang-orang kafir yang memang sukses dan kaya akan tetapi kita tidak bisa menganggap kalau Allah SWT tidak adil, Allah SWT adalah dzat yang maha adil. Kenapa seperti itu? Jawabannya karena Allah SWT mempunyai sifat الرَّحْمَنِ sehingga Allah SWT mengasihi orang-orang kafir yang memang sukses dan kaya itu karena mereka juga memang makhluk Allah SWT akan tetapi hal ini hanya berlaku di dunia. Sebaliknya, Allah SWT hanya menyayangi umat Islam disaat mereka berada dalam kesusahan waktu di akhirat kerena Allah SWT mempunyai sifat الرَّحِيمِ.
            Setidaknya seperti diatas kalau kita kaji makna dari kedua sifat itu, memang secara global keduanya mempunyai makna yang bisa dibilang sama tapi keduanya memang mempunyai makna yang jauh berbeda dalam kenyataannya. Wallahu A’lam.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Love Allah

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah

VEXEL CARICATURE mengatakan...

Arrokhmaan = Sang RokhmaTOR = Pemberi Kasih Sayang (rokhmat); Arrohiim = Sang RokhamaWAN= Sangat dermawan dalam memberi kasih sayang (rokhmat).

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!