Jumat, 05 Oktober 2012

TAUKAH ANDA MAKNA SPESIFIK DARI LAFADZ ALHAMDULILLAH?



Lafadz الْحَمْدُ  dalam lafadz الْحَمْدُ لِلَّهِ khususnya dalam awal surat Al-Qur’an mempunyai makna yang sangat umum. Setidaknya ada beberapa makna yang spesifik untuk menafsirkan lafadz itu. Lafadz الْحَمْدُ  mempunyai empat makna yang memang terkaji dalam ilmu nahwu dan sharaf.
Yang pertama, lafadz الْحَمْدُ  yang berari pujian, atau biasa diartikan dengan kalimat segala puji ditafsirkan dengan pujian dari Allah SWT kepada dirinya sendiri atau Allah SWT kepada Allah SWT sendiri.
Yang kedua, lafadz الْحَمْدُ  yang berari pujian, atau biasa diartikan dengan kalimat segala puji ditafsirkan dengan pujian dari Allah SWT kepada makhluk atau Allah SWT kepada seluruh makhluk-Nya.
Yang ketiga, lafadz الْحَمْدُ  yang berari pujian, atau biasa diartikan dengan kalimat segala puji ditafsirkan dengan pujian dari makhluk kepada Allah SWT atau seluruh makhluk-Nya kepada Allah SWT.
Dan yang keempat, lafadz الْحَمْدُ  yang berari pujian, atau biasa diartikan dengan kalimat segala puji ditafsirkan dengan pujian dari makhluk kepada makhluk atau seluruh makhluk-Nya kepada makhluk yang lain
Setidaknya itulah makna dari lafadz الْحَمْدُ  yang bisa ditafsirkan secara rinci. Dari Allah SWT untuk Allah, dari Allah SWT untuk makhluk-Nya, dari makhluk untuk Allah SWT dan yang terakhir dari makhluk untuk makhluk lain. Wallahu A’lam.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!