Senin, 02 Juli 2012

PERBEDAAN ADALAH RAHMAT DAN SUNNATULLAH

Dalam syari’at Islam, seperti maslah membaca qunut dalam shalat hukumnya sunnah, dan meninggalkannya pun juga sunnah.Itulah komentar Ibnul Qoyyim tentang perbedaan pendapat para ulama tentang qunut. Sebab, memang di sana ada riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW membacanya dalam shalat, namun ada juga hadits yang meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW meninggalkannya.
Akan tetapi kenyataan dimasyarakat kita berbeda. Berseteru lantaran masalah qunut bahkan sampai saling mencaki-maki, semua itu adalah peristiwa yang sering kita dengar. Ironis memang, hanya karena masalah qunut.
Meski ada, hanyalah terbatas pada beberapa hal kecil saja. Itulah rahmat serta sunnatullah. Bukti kekuasaan Allah SWT yang tak terhingga. Dengan perbedaan, dunia menjadi penuh warna, dimana manusia dapat saling melengkapi satu-sama lain, dan bahkan saling tolong-menolong, bukanlah malah sebaliknya yang negatif.
Manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang berotak brilian dan ada yang biasa. Oleh karena itu, perbedaan pendapat adalah hal yang lumrah, bukan hal tercela. Hal seperti ini juga terjadi pada para ulama. Pengetahuan dan kemampuan yang berbeda-beda akhirnya menghasilkan ijtihad yang berbeda pula.
Bagi yang sering mengkaji kitab-kitab perbandingan madzhab, selisih pendapat di antara mereka bukanlah hal asing, karena berbeda pendapat dalam menghukumi sesuatu telah ada sejak zaman shababat Rasul.
Bisa kita ambil contoh, keputusan Khalifah Abu Bakar untuk memerangi orang-orang yang menolak membayar zakat, disepakati setelah melalui musyawarah yang diwarnai silih beda pendapat. Atau antara Umar ra. dan Utsman ra. dalam masalah pembukuan Al-Qur'an, serta masih banyak lagi.
Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang diberi akhlak, kita harus saling toleransi dengan perbedaan dalam hal syari’at Islam selagi itu punya dasar yang kuat yang dilakukan oleh nabiyullah Muhammad SAW karena perbedaan itu adalah sebuah rahmat dan memang sunnatullah. Wallahu A’lam.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!