Senin, 28 Mei 2012

PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN SEBAGAI PENDIRI MUHAMMADIYAH

K.H. Ahmad Dahlan adalah tokoh pendiri ormas Muhammadiyah, pada dasarnya beliau memiliki semangat yang sangat kuat dalam upaya penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) khususnya di Indonesia ini. Seperti yang diungkapkan oleh Abdul Munir Mulkhan “Kalau membaca pikiran Kyai Dahlan, sebenarnya beliau banyak melakukan upaya dalam peningkatan mutu dan martabat manusia”. Selain itu pemikiran lain yang ada dalam benak beliau adalah modern pendidikan, yakni merealisasikan pendidikan yang bersifat modern seperti yang dilakukan sekarang, memakai kursi dan meja, karena pendidikan pada waktu itu memakai teknik lesehan, yakni dengan duduk dan belajar sepenuhnya diatas lantai.
Abdul Munir Mulkhan sendiri adalah seorang tokoh Muhammadiyah yang juga anggota Komisi Nasional (Komnas) HAM. Beliau adalah tokoh Muhammadiyah yang sangat tulen. Selain sempat menjadi pengurus Muhammadiyah dalam perjalanan hidupnya, tokoh yang dilahirkan di daerah Jember Jawa Timur pada tahun 1946 ini juga menulis banyak sekali buku tentang ormas Muhammadiyah. Beliau merupakan salah satu anggota Komnas HAM yang terpilih pada periode 2007-2012. Bagi warga Muhammadiyah tentu ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan sebagai salah satu bagian dari Muhammadiyah. Karena tokoh Muhammadiyah mampu berkiprah dalam konteks yang lebih luas selain berkiprah dalam organisasi internal.
                Beliau (KH. Ahmad Dahlan) sangatlah peka terhadap kehidupan pada zamannya itu yang menurutnya keluar dari ajaran Islam yang murni seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Karena realisasi dari pemikirannya itu, beliau pernah dicaci maki bahkan sampai akan dibunuh. Akan tetapi selain pertolongan dari Allah SWT, keteguhan dan kesabaran yang beliau punyai bisa menyelamatkannya dari semua mara bahaya hingga beliau bisa mendirikan Muhammadiyah, suatu ormas yang berorientasi dalam Islam yang terbilang terbesar di tanah air Indonesia ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!