Minggu, 23 September 2012

MOTIVASI HIDUP DARI SANG KHOLIK; PEDOMAN TUK MERAIH RAHMAT-NYA

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. (Q.S. Ar-Ra’du: 11)
Jika kita telaah lebih dalam, ayat diatas mengandung motivasi untuk seluruh umat manusia yang ada didunia ini untuk selalu berusaha, karena usaha mengandung sebuah nilai primer dalam menghadapi kehidupan ini.
Sebagai manusia memanglah kita diberi akal dan fikiran untuk memilih pilihan dalam menjalankan hidup ini akan tetapi disisi lain Allah SWT juga mempunyai otoritas sebagai Sang Pencipta Hidup, Dia mempunyai Qodar untuk mengatur kehidupan manusia dan tugas manusia hanya berusaha, tawaqal, ikhtiar dan berdo’a kepadanya.
Kita ambil sebuah contoh, misalkan kita ingin memilih atau mendapatkan A dalam hidup ini, belumlah mesti pilihan kita itu akan tercapai, oleh karena itu, kita sebagai manusia yang diberi akal dan fikiran kita harus berusaha untuk mendapatkan A itu, dengan usaha dan do’a niscaya Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuk kita itu.
Oleh karena itu, kita tidak boleh berprasangka buruk kepada Allah SWT karena hal itu akan menjauhkan kita dari rahmat-Nya. Kita harus selalu berusaha dan berpasrah diri kepadanya untuk semua hal, dengan iman Insya Allah do’a kita akan terkabul, sesungguhnya Allah SWT maha mendengar, jadi do’a kita pasti terkabul semua meskipun bukan pada saat yang kita inginkan, salah jika Allah SWT tidak mengabulkan do’a kita. Wallahu A’lam.

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!