Kamis, 27 Oktober 2011

TANDA I’ROB ROFA’

I’rob Rofa’ mempunyai empat tanda, yaitu : dhomah, wawu, alif dan tsubutu nun (Tetapnya nun).
1.    Dhomah, masuk pada :
·                Isim mufrod (isim yang menunjukkan makna tunggal) اللهُ اَحَدٌ (Allah maha esa)
·                Jamak taksir (isim yang menunjukkan makna banyak dan berubah dari bentuk mufrodnya) اَلاَ بِذِكْرِ اللهِ تَطْمَئِنُّ القُلوبُ (ketahuilah, dengan mengingat Allah hati menjadi tenang). القُلوبُ mufrodnya adalah القَلْبُ
·                Jamak muanas salim (isim yang menunjukkan makna perempuan banyak yang akhirnya berupa alif dan ta’) الأستاذَاتُ يَقْرَأْنَ الْجَرِيْدَةَ فِي الْمَكْتَبَةِ (guru-guru perempuan membaca koran di perpustakaan)
·                Fiil mudhori' yang akhirnya tidak bertemu dengan sesuatu, انا أَسْتَمِعُ القرءانَ (saya mendengarkan al-Qur'an).
Yang dimaksud sesuatu di sini adalah :
·                Alif tasniyah (alif yang menunjukkan makna dua) contoh هِنْدٌ وَخَدِيْجَةُ تَفْرَحانِ (Hindun dan Fatimah bergembira).
·                Wawu jamaah (wawu yang menunjukkan makna banyak) contoh المسلمون يجاهدون في سبيل الله (orang-orang muslim berjuang di jalan Allah )
·                Ya muanasah mukhotobah (ya yang menunjukkan orang kedua perempuan), هل اَنْتِ تَنامِيْنَ فِي جَدّتِكِ يَا سَلْمَى ؟ (apakah kamu akan tidur di nenekmu wahai Salma?)
·                Nun niswah (nun yang menunjukkan makna perempuan banyak) contoh المسلماتُ يُساعِدْنَ الفقراءَ (wanita-wanita muslimah membantu orang-orang fakir).
·                Nun taukid (nun yang berfungsi untuk menguatkan), nun taukid ada dua, khofifah dan saqilah. Contoh nun taukid khofifah لا تَكْسَلَنْ (jangan sekali-kali malas!), nun taukid tsaqilah لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأََزِيْدَنَّكُمْ (jika kalian bersyukur niscaya Aku benar-benar akan menambah (nikmat) kepadamu ).

2.    Wawu, masuk pada :
·                Jamak muzakar salim (isim yang menunjukkan makna laki-laki banyak yang akhirnya berupa wawu & nun dalam keadaan rofa' dan ya & nun dalam keadaan nasob dan jar) فَازَ الْمُحْسِنُوْنَ فِي الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ (orang-orang yang berbuat kebaikan beruntung di dunia dan akhirat).
·                Asma’ul khomsah, contoh اَبُوْ هُرَيْرةَ ذُوْ عِلْمٍ كَثِيْرٍ (Abu Hurairah orang yang mempunyai ilmu yang banyak).

3.      Alif
·                Isim tasniah (isim yang menunjukkan makna dua yang akhirnya berupa alif & nun dalam keadaan rofa' dan ya & nun dalam keadaan nasob dan jar) contoh لَعِبَ الطالبانِ فِي الْمَيْدَانِ (dua orang siswa bermain di lapangan )

4.      Nun
·                Af’alul khomsah (fiil mudhori' yang akhirnya bertemu dengan alif tasniyah, wawu jamak atau ya muanasah mukhotobah. contoh الطُّلاَّبُ يَنْعَسُوْنَ فِي الْفَصْلِ (siswa-siwa mengantuk di kelas ). Contoh lainnya يَفْعَلاَنِ, تَفْعَلاَنِ, يَفْعَلُوْنَ, تَفْعَلُوْنَ, تَفْعَلِيْنَ

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Kode Iklan sobat yg berukuran 120 x 600 disini!!!